BERITA

KPU Agam Telah Membuka Heldesk Pencalonan

Lubuk Basung, kab-agam.kpu.go.id | Kpu Kabupaten Agam sudah membuka helpdesk terkait pencalonan melalui jalur independen sejak tanggal 3 Desember 2019. Beberapa Masyarakat sudah mengunjungi helpdesk KPU Kabupaten Agam diantaranya yaitu Suhatril dan Syamsul Bahri. Selain mengunjungi helpdesk juga mereka intens berkomunikasi lewat telepon dan WA. Beberapa hal dikomunikasikan oleh masyarakat kepada KPU Agam adalah syarat calon perseorangan dan mekanisme lainnya. Selain Helpdesk KPU Kabupaten Agam juga telah membuat pengumuman terkait pencalonan melalui jalur perseorangan baik dimedia cetak maupun elektronik. Dan KPU membuka helpdesk sebagai wadah mendapatkan informasi dan pengambilan pasword Silon.


Dalam media maupun helpdesk KPU Kabupaten Agam menjelaskan bahwa dukungan Calon perseorangan dibuktikan dengan formulir B.1 KWK Perseorangan yang ditempel dengan fotocopy KTP dan ditandatangani basah oleh pendukung. Dukungan minimal yg diperoleh adalah 31.028 dan tersebar di 9 Kecamatan. Kemudian Paslon wajib memasukkan dukungan kedalam Silon dan memprintnya dalam bentuk B1.1 KWK Perserongan dan B.2 KWK Perseorangan.


KPU Agam menjelaskan bahwa dua bentuk formulir terkait hanya bisa didapat melalui Silon. Dan Silon bisa dibuka jika sudah mendapatkan pasword. Bagi masyarakat yg sudah konsultasi baik itu tim Suhatril maupun tim Syamsul Bahri diharapkan segera meminta username dan password silon kepada KPU. Untuk mendapatkan username dan password Silon KPU mensyaratkan adanya surat permohonan dari pasangan bakal calon yg ditandatangani oleh bakal pasangan calon disertai surat mandat dari pasangan kepada narahubung yg ditetapkan.

Pada tanggal 13 Desember 2019 sudah ada tim Mishar berpasangan Syamsul Bahri meminta username dan pasword Silon dan menyerahkan surat mandat. Pada saat itu juga KPU Agam memberikan username dan passwors Silon kepada narahubungnya dan sekligus melakukan Bimtek.
Sementara satu masyarakat yg intens berkomunikasi dengan KPU yaitu Suhatril sampai sekarang belum mengajukan permohonan password Silon. Tetapi masih sering bertanya ke KPU Agam melalui WA dan telp. KPU terus berusaha mengadvokasi yang bersangkutan untuk segera mendapatkan username Silon mengingat banyaknya data yang harus di input ke Silon.

Comment here