BERITA

PEMILIH CERDAS, TANGKAL HOAKS JELANG PEMILIHAN SERENTAK 2020

Lubuk Basung, kpud-agam.co.id | Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam melaksanakan rapat kerja menangkal isu hoax dalam pemilihan serentak kepala daerah tahun 2020 dalam rangka mengajak semua elemen agar lebih cerdas dan selektif terhadap mudahnya informasi hoax yang beredar di tengah masyarakat.

Dalam kegiatan ini KPU Kabupaten Agam bersama Bawaslu Kabupaten Agam, Kepolisian Resor Kabupaten Agam dan wartawan selingkungan Kabupaten Agam membahas pentingnya penangkalan hoax demi terwujudnya sukses Pemilihan Serentak tahun 2020. Komisioner KPU, Erkonolis mengatakan menjelang Pemilukada 2020 KPU Kabupaten Agam menghimbau masyarakat untuk tidak ikut menyebar berita hoax.

Sementara itu, Riko Antoni selaku Ketua KPU Kabupaten Agam dalam rapat yang dilaksanakan pada 13 Desember 2019 di Aula Rapat Kantor Bupati Agam menyampaikan, Bahwa KPU Agam berkomitmen dalam menangkal hoax dan mengajak masyarakat menjadi pemilih cerdas, hal ini dapat terwujud melalui terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak seperti Kepolisian, Media dan instansi  terkait. Demi suksesnya Pemilihan Serentak 2020 dengan cara menangkal segala bentuk informasi hoax, jangan menyebarkan, apalagi ikut membuat berita bohong di media sosial’ tukas Riko.
Sebagai informasi, terdapat tiga cara menghadapi hoax dan kampanye hitam, yaitu pertama Mengenali baik itu dari judul, ajakan yang memaksa dan foto serta captionnya, kedua mengelola dengan memperhatikan sumber berita, opini dan fakta yang ada serta komunitas yang jelas, dan terakhir memutus dengan melaporkan, tegur atau acuhkan jika informasi yang beredar adalah hoax.

Comment here